JANUARI
Pesta Reba
Pesta adat menyambut tahun baru dengan makan ubi bersama diiringi tari-tarian dan musik tradisional, serta diramaikan pertandingan tinju tradisional di Kampung Bena, Kota Bajawa, Kabupaten Ngada.

Bijalungu Hiupaana
Upacara sakral kepercayaan Merapu di Kabupaten Sumba Barat sebagai ungkapan syukur dan persiapan benih untuk ditanam.

Pasola
Perlombaan saling lempar lembing sambil berkuda di Kabupaten Sumba Barat. Acara ini diawali dengan ritual nyale, mencari cacing di pantai saat dini hari yang diawali dari Kodi, Lamboya, Wanokaka, dan Gaura

FEBRUARI
Pahoru
Upacara syukur kepada penguasa alam di Pulau Sabu yang diikuti dengan atraksi perang-perangan antar pemuda dan pawai kuda dan pada waktu malam hari ada tarian muda-mudi yang dinamakan Padoa.

MARET
Pate Baloi
Upacara pembukaan musin tanam di Kampung Takpala, Desa Lembor Barat, Kabupaten Alor. Biasanya dilakukan pada minggu kedua Maret, ditandai dengan pemancangan bambu, membelah pinang, dan makan bersama diiringi tarian tradisional Lego-Lego.

Prosesi Jumat Agung
Devosi terhadap Bunda Maria yang dilakukan umat Katolik di Larantuka, Kabupaten Flores Timur secara turun temurun sejak abad XV.

APRIL
Perburuan Ikan Paus
Upacara tradisional dan keagamaan Penangkapan Ikan Paus atau Ikan Klaru dari Kecamatan Wulan, Desa Lamalera, Kabupaten Lembata.

MEI
Bei Mau
Upacara adat pemotongan hewan persembahan dari Betun, Kecamatan Malaka Tengah, Kabupaten Belu, diiringi tarian Likurai, tarian dengan membawa tambur.

JUNI
Ala Baloi
Upacara adat tolak bala yang dilaksanakan pada bulan Juni di Desa Bampaloka, Kecamatan Alor Barat Laut.

JULI
Etu
Pertandingan tinju tradisional dari Kecamatan Boawae, Riung, dan Soa-Mangeruda di Kabupaten Ngada, yang dilaksanakan saat panen padi berakhir.

Hoes Ndeo
Upacara keagamaan tradisional yang dilaksanakan Juli sampai Agustus di Desa Boni, Kecamatan Rote Barat Laut (12 Km dari Ba’a), Kab Rote Ndao. Merupakan upacara penghormatan kepada Dewa Laut dengan ketangkasan berkuda dan tari-tarian tradisional yang diiringi oleh musik tradisional, seperti gong, kebelai. Saat itu akan dilantunkan juga pantun dan nyanyian tradisional.

AGUSTUS
Pasola Haul
Upacara adat dari Kecamatan Wanokaka, Loli, dan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat. Upacara ritual ini dilaksanakan sehabis panen padi di tengah sawah sebagai ekspresi kegembiraan masyarakat atas panen yang diperoleh.

SEPTEMBER
Festival Panen Kacang Hijau
Upacara memperingati leluhur dengan berpantun menyanyi lagu-lagu daerah yang diiringi dengan gong dan rebana di Kabupaten Lembata.

OKTOBER
Pacuan Kuda
Pacuan Kuda tradisional yang dilaksanakan pada bulan Oktober berlokasi di Desa Tniumanu, Kecamatan Malaka Timur, Kab Belu. Juga dilaksanakan ritual perarakan patung Bunda Maria ke Gua yang di Tubaki, Kecamatan Malaka Barat. Kabupaten Timor Tengah Utara
Tarian Caci
Tarian rakyat sebagai tanda ucapan syukur dan terima kasih atas keberhasilan di medan laga dengan adu kekuatan saling mencambuk menggunakan cambuk dari kulit ekor kerbau. Tarian ini dapat dipentaskan sewaktu-waktu di Pantai Pede, Labuan Bajo, Manggari Barat.

Upacara Riput
Upacara adat proses pembuatan tenun ikat yang merupakan kain adat/pusaka yang berasal dari India sejak jaman purba. Berlokasi di Desa Tabundun, Kab Sumba Timur

NOVEMBER
Wulla Poddu
Acara adat menyongsong bulan suci/tahun baru bagi masyarakat pemeluk Marapu, agama asli di Sumba Barat. Upacara ini diawali dengan pemotongan ayam oleh tua-tua adat dari masing-masing suku.

DESEMBER
Toja Bobu
Pertunjukan sendratari tradisional yang menceritakan tentang Putri Raja Prinseja yang dilamar oleh Maskadar, saudagar Portugis di Kecamatan Lela, Kab Kupang.

Sumber: Pemprov NTT dan http://lipsus.kompas.com/jejakperadabanntt/schedule